ISTILAH MAKNA KATA YANG TERDAPAT DALAM PERMAINAN PANGGALAN (PANTHON)

ISTILAH MAKNA KATA YANG TERDAPAT DALAM PERMAINAN PANGGALAN (PANTHON)


: Sobari Alghifari
NIM : 2102407105
Rombel 4



JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA JAWA
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2010

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Bahasa merupakan sistem komunikasi yang amat penting bagi manusia. Sebagai suatu unsur yang dinamik, bahasa sentiasa dianalisis dan dikaji dengan menggunakan berbagai pendekatan untuk mengkajinya. Antara pendekatan yang dapat digunakan untuk mengkaji bahasa ialah pendekatan makna. Semantik merupakan salah satu bidang semantik yang mempelajari tentang makna.
Makna adalah bagian yang tidak terpisahkan dari semantik dan selalu melekat dari apa saja yang kita tuturkan. Pengertian dari makna sendiri sangatlah beragam. Mansoer Pateda (2001:79) mengemukakan bahwa istilah makna merupakan kata-kata dan istilah yang membingungkan. Makna tersebut selalu menyatu pada tuturan kata maupun kalimat. Menurut Ullman (dalam Mansoer Pateda, 2001:82) mengemukakan bahwa makna adalah hubungan antara makna dengan pengertian. Dalam hal ini Ferdinand de Saussure ( dalam Abdul Chaer, 1994:286) mengungkapkan pengertian makna sebagai pengertian atau konsep yang dimiliki atau terdapat pada suatu tanda linguistik.
Dalam hal kebudayaan jawa terdapat sebuah hasil kreativitas permainan anak-anak pada zaman dahulu yang sekarang cenderung disebut dengan permainan tradisional. Kaitannya dengan makna istilah yang terkandung pada sebuah permainan Panggalan (Panthon) yang disajikan. Permainan tradisional Jawa tersebut terdapat istilah makna kata yang cenderung anak-anak sekarang kurang memahaminya, dengan adanya permainan era modern menutup peluang pengenalan pada permainan tradisional yang terkesan kuno. Maka penulis ingin mengenalkan sebuah permainan tradisional lewat pengkajian makna yang terdapat pada permainan panggalan (panthon).



PEMBAHASAN

Sebelum membahas istilah makna yang terdapat dalam permainan panggalan, penulis kenalkan dulu seperti apa permainan panggalan tersebut :
A. Alat/benda permainan : Gangsingan (kekehan) atau gasing.
Ada dua jenis gasing yang dipakai untuk “panthon”, gasing biasa dan gasing sowangan.
B. Lapangan/tempat bermain : Tanah yang agak luas, tidak berumput.
C. Pemain : Anak putra, tetapi anak putri pun boleh main. Tidak pernah dimainkan campuran, jumlah pemain tidak terbatas, permainan dilakukan perseorangan. Pemain “panthon” mempunyai jabatan seperti dalam pemerintahan :
Jabatan/pangkat yang tertinggi : Raja/ratu
Raja/ratu membawahi : Patih
Patih membawahi : Senopati
Senopati membawahi : Tumenggung
Tumenggung membawahi : Demang
Demang membawahi : Unyik atau uthil (rakyat kecil)
Semua jabatan ini terisi bila jumlah pemain 6 orang anak. Bila pemainlebih dari 6, ada jabatan yang dipegang 2 orang (raja I, raja II, ratu I, ratu II, patih I, patih II, dan sebagainya). Bila pemain kurang dari 6, ada jabatan yang kosong, misalnya tidak ada senopati, patih, tumenggung. Bila pemain 2 orang saja, maka hanya ada unyik (uthil) dan raja/ratu. Pemain 3 orang : unyik/uthil, patih, raja/ratu.
D. Tujuan bermain : Pemain berusaha menjadi raja/ratu, yang berarti hanya “memathu” (memukul) saja, tidak pernah “dipathu” (dipukul).
E. Hukuman/denda : Pemain yang menjadi “unyik” atau “uthil” harus “asur” (memainkan gasingnya) untuk “dipathu” (dipukul).
F. Peraturan bermain :
1. Semua pemain harus sobyung (mengadu kemampuan berputar)
2. Yang mati dulu menjadi unyik/uthil, yang mati terakhir menjadi raja/ratu
3. Unyik harus asur kepada demang
4. Bila gasing yang dipukul masih tetap hidup (masih berputar), gasing harus diadu, sampai ada gasing yang mati dulu
5. Gasing yang dipukul seketika mati (tidak jet), kedudukannya tetap (tidak naik pangkat)
6. Bila ada dua atau lebih gasing yang matinya bersamaan, dikatakan “jedan”, permainan harus diulang baik sobyung atau mathu
7. Asur boleh “to” bila yang memukul menyetujui
8. Yang berhak memukul ialah pangkat yang lebih tinggi
9. Pemain boleh memukul gasing yang tidak berputar, namanya “digado”
10. Gasing yang dimainkan “to” (kepala di bawah), dapat diperpanjang masa berputarnya dengan mengibas-kibaskan uwet pada gasing
11. Waktu “sobyang” gasing “mblondhoti” (tidak berputar baik) tidak boleh diulang
12. Perbedaan besar kecil gasing tidak menjadi soal. Gasing yang diberi paku, dari kayu yang tidak sama dan perbedaan lain juga tidak masalah.
G. Cara bermain :
Cara memainkan gasing (baik gasing biasa maupun gasing sowangan) ialah memutar gasing dengan tali yang disebut uwet. Uwet dilingkarkan pada leher gasing sampai ke badan, lalu dilepas dengan cepat dan sedikit dihentakan. Gasing akan berputar dengan cepat sekali. Gasing yang berputar cepat dan lama disebut “tenteng” (sampai tidak tampak bila berputar). Ada dua cara memutar gasing biasa, yang disebut “to” dan “dhag”. Disebut “to” bila waktu berputar kepala di bawah, disebut “dhag” bila kepala di atas. Jika “tenteng” gasingnya “dhag”, pemilik pasti selalu memainkan dengan “dhag”. Bila “to” yang “tenteng”, pemilik akan selalu memainkan “to”. Ada pemain yang tidak mau diasur “to”, ia selalu minta diasur “dhag”.
Untuk menentukan siapa yang menjadi ratu/raja, patih, senopati, dan sebagainya itu harus diadakan “sobyung”. “sobyung” dapat dilakukan seperti “start” pada perlombaan lari. Aba-abanya diucapkan bersama-sama. Aba-abanya “so sa si soooo….byung…yen sira mblondhoti…ora oleh baaaa…li!” Sesuai dengan bunyi aba-aba ini, pemain yang gasingnya tidak berputar (mblondhoti), tidak boleh mengulang (berarti gasingnya jadi “unyik” atau “uthil”). Begitu kalimat sampai pada “baaa….li!” semua pemain memutar gasingnya. Pemain yang mendahului akan rugi, sebab gasingnya berputar lebih dulu dan mungkin matinya juga lebih awal.
Kadang-kadang aba-aba hanya sampai pada kata “byung!” Begitu kata “byung!” diucapkan, semua pemain memutar gasingnya.
Ketika “sobyung” inilah biasanya semua pemain mengandalkan kemampuan gasingnya. Semua pemain menunggu gasingnya masing-masing. Siapa yang gasingnya mati (berhenti) lebih dulu, dialah yang menjadi menjadi unyik/uthil, yang mati kedua menjadi demang. Gasing yang mati ketiga menjadi tumenggung dan yang mati keempat menjadi senopati. Gasing yang mati kelima menjadi patih dan yang paling lama berputar menjadi ratu atau raja. Jika ada gasing yang matinya bersamaan, dikatakan “jedan”, berarti semua pemain harus mengulang “sobyung” Jika masih ada “jedan’, harus “sobyung” lagi. Demikian seterusnya sampai tidak ada yang mati bersamaan dan telah ada yang menjadi unyik, demang, tumenggung, senopati, patih, dan raja.
Setelah ‘sobyung” permainan baru dimulai. Unyik (unthil) harus asur(memainkan gasing untuk dipukul).Yang memukul demang. Pukulan demang ini bila kena, gasing unyik masih hidup, harus ditunggu dulu, gasing siapa yang masih berputar. Jika yang masih berputar gasing unyik, unyiklah yang menang. Berarti unyik naik pangkat menjadi demang, sedang demang turun menjadi unyik. Jika yang berputar gasing demang, berarti demang tetap menjadi demang, unyik tetap unyik.
Bila matinya bersama-sama, dikatakan “jedan”. Dan bila sampai terjadi jedan, kedua gasing harus diuji dulu. Unyik asur lagi, lalu dipukul demang. Bila ternyata gasing unyik masih berputar (isih jet), maka unyik menang. Unyik menjadi demang dan demang menjadiunyik. Jika pukulan demang mematikan unyik, berarti unyik tetap unyik dan demang tetap demang. Bila pukulan demang tidak kena, dikatakan “kabuk”, dengan sendirinya demang turun pangkat menjadi unyik dan unyik menjadi demang.
Setelah demang memukul (me”mathu”) unyik, giliran jatuh kepada tumenggung untuk memukul. Ketika itu tumenggung harus tahu, siapa demangnya, baru tumenggung memukul demang. Tumenggung akan senang memukul demang yang baru saja memukul unyik. Mengapa begitu? Demang baru saja memukul unyik, berarti kekuatan berputarnya menjadi berkurang. Jadi sangat mudah dimatikan. Sebaliknya, demang yang ingin naik pangkat, tidak mau dipukul langsung. Demang memilih asur kepada tumenggung untuk dipukul.
Pukulan tumenggung bila kena dan gasing demang mati (tidak punya “jet”), demang tetap demang, bila kena namun gasing demang masih berputar (punya ”jet”), harus diadu. Gasing yang mati lebih dulu dianggap kalah. Bila yang kalah tumenggung, berarti tumenggung turun pangkat menjadi demang, dan demang naik pangkat menjadi tumenggung. Bila yang kalah demang tetap menjadi demang. Bila kena namun gasing keduanya mati bersama, dikatakan “jedan”, dan kedua gasing itu harus diulang. Demang asur kepada tumenggung dan tumenggung harus memukulnya. Bila gasing demang masih berputar (“jet”), berarti demang menang (demang naik pangkat menjadi tumenggung). Tumenggung turun pangkat menjadi demang. Bila tidak kena, atau “kabuk”, berarti yang memukul kalah. Tumenggung turun pangkat menjadi demang.
Selanjutnya senopati memukul tumenggung. Senopati akan senang memukul tumenggung yang baru saja memukul demang. Mengapa? Tumenggung yang baru saja memukul demang sangat mudah dimatikan. Sebaliknya tumenggung berhak naik pangkat. Tumenggung memilih member asur kepada senopati. Begitu seterusnya, sehingga dalam satu kali permainan pasti akan terjadi pergeseran kedudukan. Yang unyik kadang menjadi demang, demang kadang turun pangkat menjadi unyik, atau naik pangkat menjadi tumenggung. Tumenggung naik pangkat menjadi senopati atau turun menjadi demang dan seterusnya.
H. Taktik :
1. Pada kepala atau bagian bawah gasing dapat diberi paku.
2. Bila mengadu lamanya berputar, sebaliknya gasing dimainkan “to” agar dapat dikibas-kibas dengan uwet.
I. Catatan :
1. Usahakan waktu memukul gasing lawan, gasing lawan jangan sampai masih hidup (masih “jet”). Pukullah sampai “theksek” (tidak berputar sama sekali). Dengan begitu ada harapan untuk naik pangkat dan tidak turun pangkat.
2. Raja/ratu yang pandai memukul sampai “theksek’ berarti akan jadi raja/rat uterus-menerus.
Setelah mengenal permainan panggalan (panthon) tersebut di atas, maka penulis menemukan beberapa istilah makna yang terdapat dalam bentuk permainan panggalan tersebut.
Istilah yang ada dalam permainan panggalan (panthon) :
1. “Unyik” atau “uthil” tugasnya hanya “asur’ (memainkan gasingnya atau memutar gasing) untuk “dipathu” (dipukul)
2. “demang’, memukul (“memathu”) unyik
3. “Tumenggung”, memukul demang
4. “Senopati’, memukul tumenggung
5. “Patih”, memukul senopati
6. “Raja/Ratu”, memukul Patih
7. “Asur”, unyik atau uthil memutar gasingnya untuk dipukul
8. “Mathu” = memukul
9. “Dipathu’ = dipukul
10. “pathon” atau ‘panggalan’ = nama permainan ini
11. “Jet” (diucapkan seperti pesawat jet) = dipukul, tetapi masih hidup (berputar)
12. “To” = memainkan gasing dengan kepala di bawah
13. “Dhag” = memainkan gasing dengan kepala di atas
14. “Jedan” = gasing yang matinya bersamaan (berhenti bersama-sama)
15. “Sobyung” = semua pemain memainkan (memutar) gasingnya bersama-sama; supaya bersama-sama harus diberi aba-aba :
“So sa si sooooooooo….byung”
“Sobyung” digunakan untuk menentukan siapa raja/ratu, patih, senopati, dan sebagainya.
Ketentuannya begini :
Gasing yang mati lebih dulu menjadi unyik/uthil.
Gasing yang mati kedua menjadi demang.
Gasing yang mati ketiga menjadi tumenggung.
Gasing yang mati keempat menjadi senopati.
Gasing yang mati kelima menjadi patih.
Gasing yang matinya terakhir menjadi raja/ratu.
Jika waktu “sobyung” ada 2 atau lebih gasing yang matinya bersamaan, dinamakan ‘jedan”, Semua harus diulang lagi, sampai semua gasing matinya tidak bersamaan.
16.”Uwet” = tali untuk memainkan gasing. Biasanya berujud pintalan “sulur”(akar pandan bersuru), atau “jedam” (sebangsa serat goni), atau “gedebog” (kulit pohon pisang kering). Sekarang uwet dapat menggunakan tali raffia atau tali plastic.
17.”Tenteng” = gasing berputar sangat cepat dan lama, sehingga kelihatannya seperti tidak berputar. Gasing yang “tenteng” biasanya selalu menang.
18.”Mblondhoti” = gasing tidak berputar dengan baik
19.”Kabuk” = memukul gasing lawan tidak kena
20.”Digado” = memukul gasing yang sedang tidak berputar
21.”theksek” = tidak berputar sama sekali






PENUTUP

A. Simpulan
Makna adalah suatu bentuk kebahasaan yang harus dianalisis dalam batas-batas unsur-unsur penting situasi di mana penutur mengujarnya. makna merupakan hubungan antara bahasa dengan bahasa luar yang disepakati bersama oleh pemakai bahasa sehingga dapat saling dimengerti. Batasan tentang pengertian makna sangat sulit ditentukan karena setiap pemakai bahasa memiliki kemampuan dan cara pandang yang berbeda dalam memaknai sebuah ujaran atau kata. Dalam hal ini penulis simpulkan bahwa istilah semantik juga terdapat pada jenis permainan tradisional masyarakat Jawa yang penulis analisis dalam jenis permainan panggalan (pantheon).












DAFTAR PUSTAKA

S.S. Rumani. 1989. Permainan anak-anak Jawa, Cepu: PT Intan Pariwara.
Drs. Widodo. 2007. Handout, Semantik Bahasa Jawa, UNNES.
Abdul Chaer. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Mansoer Pateda. 2001. Semantik Leksikal. Jakarta: Rineka Cipta.


DAFTAR ISI

Halaman Judul i
Daftar isi ii
Pendahuluan 1
A. Latar Belakang 1
Pembahasan 2
Penutup 8
A. Kesimpulan 8
Daftar Pustaka 9

0 komentar:

Posting Komentar